Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengerjakan Soal Cerita Matematika


Cara Mengerjakan Soal Cerita Matematika

bagaimana cara mengerjakan soal cerita matematika

Daftar Isi

1. bagaimana cara mengerjakan soal cerita matematika


Dibuat caranya dengan lengkap agar tdk dimarahin guru

2. Cara mengerjakan soal matematika tentang cerita


Dengan cara memahami cerita tersebut dan mulailah menghitung

3. cara mengerjakan matematika soal cerita dengan cara di ringkas


Seorang pedagang minyak wangi mempunyai persediaan minyak wangi sebanyak 1 liter. Minyak wangi tersebut berhasil dijual 0,875 liter. Kemudian membeli lagi 0.5 liter Berapa literkah minyak wangi pedagang itu sekarang ?

4. Buatlah 1 contoh soal matematika tentang KPK, soalnya tentang soal cerita. Setelah dibuat jawablah soal yang telah dibuat! Jawablah dengan cara dan jadi! Tuliskan penjelasan atau langkah langkah mengerjakan atau caranya! Mohon segera di jawab soal aku ya.Terimakasih ​


Jawaban:

udin menabung 4 hari dan beni menabung setiap 6 hari. jika mereka menabung bersama tggl 4 oc 21. pada tanggal berapa mereka menabung bersama sama untuk ke 2 kalinya

Penjelasan dengan langkah-langkah:

jika udin menabung 4 hari sekali maka

4÷2=2 sudah tidak bisa dibagi lagi

6÷2=3 sudh tidak bisa dibagi lagi

maka 4= 2+2

dan 6= 3×2

maka 2×2×3 =12

12+4=16

jadi mereka menabung bersama tanggal 16 oc 21


5. cara mengerjakan soal cerita matematika =ladang pak hardi yang telah di cangkul seluas 720 m². lahan yang belum di cangkul 3per4 bagian. berapa meter persegi luas ladang pak hardi seluruhnya


3/4×720=3×180=540 maka 720m^2 -540=180 maka 720+180=1000m^2
maaf kalau salah

6. cara mengerjakan soal cerita matematika bilangan bulat. Tolong bantu jawab ya?? ​


Jawaban:

baca ceritanya dengan cermat,tulis angka angka dalam cerita yang akan dihitung,baru kerjakan apa yang diminta oleh soal ceritanya

semoga membantu:)


7. Latihan soal MatematikaKerjakan soal cerita di bawah ini dengan menulis soalnya dan mengerjakan dengan cara diketahui, ditanya, jawab1. Sebuah lingkaran memiliki jari-jari berukuran 7 cm. Hitunglah luas dan keliling nya!2. Sebuah lingkaran memiliki diameter 16 cm. Hitunglah luas dan kelilingnya!3. Sebuah lingkaran memiliki jari-jari 49 cm. Hitunglah luas dan kelilingnya! ​


Penjelasan dengan langkah-langkah:

1.

L = π × r²

= 22/7 × 7 × 7

= 22 × 7

= 154 cm²

K = π × d

= 22/7 × 14

= 22 × 2

= 44 cm

2.

L = π × r²

= 314/100 × 8 × 8

= 314/100 × 64

= 314×64/100

= 20096/100

= 200,96 cm²

K = π × d

= 314/100 × 16

= 50,24 cm

3.

L = π × r²

= 22/7 × 49 × 49

= 22 × 7 × 49

= 154 × 49

= ...... cm²

K = π × d

= 22/7 × 98

= 22 × 14

= ....... cm


8. mapel = matematikakelas = VIsoal = soal cerita + penjelasan + pertanyaanjawab =cara mengerjakan + jawaban1) penjelasan :kakak mempunyai 6 kotak spidol. setiap kotak berisi 12 spidol. Diberikan kepada adik 15 buah, sisanya akan dibagikan kepada beberapa temannya.pertanyaan :Jika satu orang mendapat 3 spidol makan teman kakak yang mendapatkan bagian spidol adalah ... orang a. 14 c.24b. 19 d.292) penjelasan :Di gudang terdapat 3per4 kuintal gula. mendapat tambahan pasokan 3 1per2 kuintal.pertanyaan :Persediaan gula yang terdapat dalam gedung adalah ... kuintala. 1per12 c.5 5per12b. 1 7per12 d.6 11per123) penjelasan :Berat sekarung jeruk 2per5 berat salak. Berat salak 2per3 berat apel.pertanyaan :Jika selisih berat jeruk dan salak 12kg maka berat ketiga buah tersebut adalah ... kga. 54 c.58b.56 d.604) penjelasan :Terdapat dua buah ember tumpah di kolam renang. Ember merah menumpahkan air setiap 30 menit. Ember kuning menumpahkan air setiap 45 menit. pertanyaan :Jika pada pukul 07.45 kedua ember menumpahkan air bersama sama maka kedua ember akan menumpahkan air bersama untuk kedua kalinya pada pukul ...a. 08.20 c. 09.15b. 08.45 d. 09.255)penjelasaan :Sofia mempunyai 36 tangkai bunga mawar dan 64 tangkai bunga melati. Bunga bunga tersebut akan dirangkai di mana setiap rangkaian terdiri dari jenis dan jumlah bunga yang sama.pertanyaan :Banyaknya bunga melati dalam setiap rangkaian adalah ... buah.a. 4 c. 16b. 9 d.18Bonus) Urutan bilangan pecahan di bawah ini dari yang terkecil adalah ...1per3 ; 3per8 ; 0,286 ; 28%a. 28% ; 0,286 ; 1per3 ; 3per8b. 1per3 ; 3per8 ; 28% ; 0,286c. 0,286 ; 28 % ; 1per3 ; 3per8d. 3per8 ; 28% ; 1per3 ; 0,286Selamat menjawab (ノ>ω<)ノ​


semoga membantu yaaaaaa


9. sebutkan hasil dn caranya dr soal cerita. berikut berdasarkan perkalian pechn yaitu menghabiskan waktu 2 1/4jam,utk mengerjakan tugas sekolah,menghabiskan 0,75 waktunya utk mengerjakan matematika,berapa jam waktu yg digunakan utk mengerjakan mtk


Sebutkan hasil dn caranya dr soal cerita berikut berdasarkan perkalian pecahan yaitu menghabiskan waktu 2 1/4 jam utk mengerjakan tugas sekolah, menghabiskan 0,75 waktunya utk mengerjakan matematika, berapa jam waktu yg digunakan utk mengerjakan mtk ?

Penyelesaian :

menghabiskan waktu 2 1/4 jam utk mengerjakan tugas sekolah, menghabiskan 0,75 waktunya utk mengerjakan matematika artinya 0,75 bagian dari waktunya yaitu 2 1/4 jam dihabiskan untuk mengerjakan matematika.

0,75 dari [tex] 2 \frac {1} {4} [/tex] jam

= 0,75 x [tex] 2 \frac {1} {4} [/tex] jam

= [tex] \frac {75} {100} [/tex] x [tex] 2 \frac {1} {4} [/tex] jam

= [tex] \frac {75 : 25} {100 : 25} [/tex] x [tex] 2 \frac {1} {4} [/tex] jam

= [tex] \frac {3} {4} [/tex] x [tex] \frac {9} {4} [/tex] jam

= [tex] \frac {3 x 9} {4 x 4} [/tex] jam

= [tex] \frac {27} {16} [/tex] jam

= [tex] 1 \frac {11} {16} [/tex] jam

= 1,6875 jam

Jika dirubah dalam jam menit dan detik maka :

1,6875 jam

= 1 jam + 0,6875 jam

= 1 jam + ( 0,6875 x 60 menit )

= 1 jam 41,25 menit

= 1 jam 41 menit + 0,25 menit

= 1 jam 41 menit + ( 0,25 x 60 detik )

= 1 jam 41 menit 15 detik

Jadi, waktu yg digunakan utk mengerjakan mtk adalah [tex] 1 \frac {11} {16} [/tex] jam = = 1 jam 41 menit 15 detik


Semoga membantu ya :)

************************************************************************************************

kelas : 6 SD

kode : 6.2.6

mapel : matematika

kata kunci : soal cerita pecahan

kategori : pengerjaan hitung bilangan pecahan


10. Seorang guru yang bernama Suwarti mengajar Matematika di kelas IV SD. Dia mengajar topic tentang pecahan. Bu Suwarti menerangkan dan memberi contoh di papan tulis. Bu Suwarti mengatakan “lihat anak-anak, kalau menjumlahkan pecahan penyebutnya harus disamakan terlebih dahulu, kemudian pembilangnya dijumlahkan. Perhatikan contoh berikut: 1/4 + 2/3 = 4/12 + 3/12 = 7/12. Perhatikan lagi contoh ini: 1/4 + 1/2 = 1/4 + 2/4 = 3/4. Coba lihat yang dijumlahkan adalah pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap. Beginilah cara mencarinya. Anak-anak diam semua, Kemudian Bu Suwarti melanjutkan memberi soal kepada anak-anak dengan menuliskan 4 soal di papan tulis. Anak-anak pun mulai mengerjakan soal. Namun tidak semua anak mengerjakannya. Hanya beberapa anak yang kelihatan sedang mengerjakan soal, sedangkan yang lain, ada yang mengganggu teman sebelahnya, ada yang seolah-olah mengerjakan soal ternyata hanya menuliskan soal di buku, sedangkan bu Suwarti keluar kelas bercerita dengan teman guru yang lain. Setelah selesai, anak-anak soal dikumpulkan ke depan, kemudian Bu Suwarti menukarkannya ke pada siswa yang lain untuk dikoreksi. Salah seorang anak diminta menulis jawabannya di papan tulis. Tetapi jawabannya salah. Bu Suwarti tidak sabar, Bu Suwarti sendiri yang menulis semua jawaban di papan tulis. Kemudian anak-anak mengoreksi hasil jawaban temannya dengan melihat kunci jawaban di papan tulis. Ternyata hasilnya membuat Bu Suwarti kecewa karena dari 27 orang anak, hanya 3 orang yang benar 1 jawaban, dan 1 orang yang benar semua. Pertanyaannya: 1. Identifikasi 3 kelemahan pelajaran yang dilakukan Bu Suwarti dalam mengajarkan matematika, kemudian beri alasannya. 2. Bila Saudara yang menjadi bu Suwarti, bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan dalam proses pembelajarannya.


Jawaban:

1. - tidak sabaran

- terlalu terburu-buru

- kurang memperhatikan anak-anak yang tidak mengerjakan

2. Sebelum memberi soal seharusnya ditanya terlebih dahulu muridnya, apakah sudah paham atau belum, jika belum dijelaskan lagi bagian yang belum paham, jika sudah baru dilanjutkan memberi soal. Setelah itu mulai memperhatikan anak-anak yang sepertinya kesusahan mengerjakan dan mulai dibantu cara mengerjakannya, bukan memberi jawaban. Lalu saat mengoreksi jawaban seharusnya membiarkan anak menulis jawabannya terlebih dahulu, jika ada yang salah dijelaskan bagian yang salah, agar anak paham dan mengerti letak kesalahannya.

Penjelasan:

Semoga membantu


11. Selesaikan soal cerita berikut ini! Tulislah beserta caranya! 1. Suhu es krim di dalam sebuah freezer -28°C. Freezer tersebut dimatikan karena akan dibersihkan bunga esnya. Setelah di freezer dimatikan, suhu daging naik 2°C setiap 10 menit. Berapakah suhu daging itu setelah 1 jam? 2. Pada lomba matematika berlaku aturan bahwa jika jawaban benar diberi skor 4, jawaban salah diberi skor-2, dan tidak dijawab diberi skor-2. Intan mengikuti lomba itu. la mampu mengerjakan 25 benar, 10 salah dan sisanya tidak dikerjakan. Hitunglah skor yang diperoleh Intan!​


Jawaban:

adalah. 236*.bz2890 dan 789/321


12. mapel = matematikakelas = VIsoal = soal cerita + penjelasan + pertanyaanjawab =cara mengerjakan + jawaban1) penjelasan :kakak mempunyai 6 kotak spidol. setiap kotak berisi 12 spidol. Diberikan kepada adik 15 buah, sisanya akan dibagikan kepada beberapa temannya.pertanyaan :Jika satu orang mendapat 3 spidol makan teman kakak yang mendapatkan bagian spidol adalah ... orang a. 14 c.24b. 19 d.292) penjelasan :Di gudang terdapat 3per4 kuintal gula. mendapat tambahan pasokan 3 1per2 kuintal.pertanyaan :Persediaan gula yang terdapat dalam gedung adalah ... kuintala. 1per12 c.5 5per12b. 1 7per12 d.6 11per123) penjelasan :Berat sekarung jeruk 2per5 berat salak. Berat salak 2per3 berat apel.pertanyaan :Jika selisih berat jeruk dan salak 12kg maka berat ketiga buah tersebut adalah ... kga. 54 c.58b.56 d.604) penjelasan :Terdapat dua buah ember tumpah di kolam renang. Ember merah menumpahkan air setiap 30 menit. Ember kuning menumpahkan air setiap 45 menit. pertanyaan :Jika pada pukul 07.45 kedua ember menumpahkan air bersama sama maka kedua ember akan menumpahkan air bersama untuk kedua kalinya pada pukul ...a. 08.20 c. 09.15b. 08.45 d. 09.255)penjelasaan :Sofia mempunyai 36 tangkai bunga mawar dan 64 tangkai bunga melati. Bunga bunga tersebut akan dirangkai di mana setiap rangkaian terdiri dari jenis dan jumlah bunga yang sama.pertanyaan :Banyaknya bunga melati dalam setiap rangkaian adalah ... buah.a. 4 c. 16b. 9 d.18Bonus) Urutan bilangan pecahan di bawah ini dari yang terkecil adalah ...1per3 ; 3per8 ; 0,286 ; 28%a. 28% ; 0,286 ; 1per3 ; 3per8b. 1per3 ; 3per8 ; 28% ; 0,286c. 0,286 ; 28 % ; 1per3 ; 3per8d. 3per8 ; 28% ; 1per3 ; 0,286Selamat menjawab (ノ>ω<)ノ​


Jawab:1 b

Penjelasan dengan langkah-langkah:

((6×12)-15):3

yang nomor 5 saya ngga paham, maaf tidak bisa bantu, dan maaf kalau ada kesalahan


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Cara Mengerjakan Soal Cerita Matematika"